Goes To TBCCI 2015

Yeayyyy … hari ini adalah hari yang sudah kami tunggu – tunggu, dimana hari dimulainya lagi lomba The Best Contact Center Indonesia. Tahun ini kami yakin pasti kami akan merebut juara dari seluruh kategori yang kami ikuti. Kami yakin karena persiapan yang kami lakukan lebih dari tahun – tahun sebelumnya. Belum lagi, peserta yang kami kirimkan adalah para peserta yang berkompeten di masing – masing bidang sesuai dengan kategori yang didaftarkan untuk mengikuti lomba TBCCI.

Dimulai dari awal tahun, kami sudah rutin membekali para peserta dengan pelatihan, seperti training presentasi setiap minggu, pelatihan menjawab soal yang diberikan (fish bowl) dan training pembuatan slide presentasi yang menarik dan kreatif agar slide presentasi kami mendapat perhatian dari dewan juri. Tahun ini IM2 mengirimkan lebih banyak kategori dibandingkan dengan tahun sebelumnya, 6 kategori dengan 9 peserta, yaitu; kategori Manager 1 peserta, kategori Supervisor 1 peserta, kategori Trainer 1 peserta, Quality Assurance 2 peserta, Back Office 2 peserta dan Agent Inbound 2 peserta. Wahh mudah – mudahan tahun ini memang tahun kami, para peserta perwakilan dari Indosat Mega Media siap untuk jadi juara umum dari seluruh kategori yang kami ikuti.

Writing Test dimulai

Lomba The Best Contact Center Indonesia atau lebih dikenal dengan TBCCI diawali dengan Writing Test yang dimulai hari ini, tepatnya tanggal 27 April 2015. Writing Test ini sangatlah penting, karena mengambil peranan 20% dari total penilaian secara keseluruhan pemenang. Minggu sebelumnya, yaitu hari Jumat tanggal 24 April 2015, kami mendapatkan dukungan dari rekan – rekan di Indosat Mega Media. Seluruh karyawan Indosat Mega Media memberikan dukungannya dan mereka berharap kami dapat membawa nama baik perusahaan yaitu Indosat Mega Media. Terima kasih yaa rekan – rekan IM2. Lihat dehh foto – foto dukungan dari karyawan – karyawan dari Indosat Mega Media, seruu kann..

Pagi tadi pada sesi pertama jam 08:00, sudah ada 3 peserta perwakilan IM2 yang sudah menjalani Writing Test. Mereka yang telah berangkat yaitu Bpk. Pamudji yang ikut dalam kategori Manager, Mba Astried Nerinda Pratiwi yang ikut dalam kategori Trainer dan juga Muhammad Iqbal yang ikut dalam kategori Supervisor. Walau kami tidak mengantar para peserta Writing Test sesi pertama (karena berangkat dini hari pastinya) tapi kami yakin bahwa mereka mampu mengerjakan soal – soal yang diberikan dengan baik ^^. Aamiin..

Saat ini kami tengah mengantar enam peserta lainnya untuk mengikuti lomba Writing Test sesi ke dua. Kali ini peserta – peserta yang kami kirimkan adalah Mahirsidiastuti dan Eka Mardiani yang ikut dalam kategori Quality Assurance, Muhammad Yusuf Hasanat dan Gading Citra Sari yang ikut dalam kategori Back Office Officer dan Ade Firmansyah Putra dan Astya Azshara yang ikut dalam kategori Agent Inbound. Semoga semua peserta di sesi kedua ini juga diberikan kemudahan dan kelancaran untuk menjawab seluruh soalnya yahh. Aamiin.

Melihat semangat para peserta dari awal training sampai sekarang, kami tambah yakin bahwa kami akan mendapat predikat juara umum tahun ini. Doakan yaa para pembaca agar kami bisa mendapatkan gelar juara umum untuk semua kategori , Insya Allah 

Tepat pada pukul 9.30 WIB kami sampai di Balai Kartini. Terlihat wajah – wajah tegang yang sedang menunggu waktu ujian sesi kedua dimulai. Di ajang bergengsi ini, terlihat perwakilan dari Astra Honda Motor (AHM), Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI), KAI (Kereta Api Indonesia) dan masih banyak peserta lainnya. Mereka melakukan berbagai cara untuk menghilangkan ketegangan sebelum dimulainya lomba Writing Test. Ada yang bernyanyi, ada yang melakukan foto – foto dengan seluruh anggota tim yang mereka bawa, dan ada juga yang mengulang – ulang mengerjakan soal – soal try out yang mereka miliki.

Kami para peserta IndosatM2 juga merasakan hal yang sama. Ketegangan dan perasaan yang tidak menentu, tentunya menghinggapi perasaan kami, para peserta yang akan mengikuti Writing Test. Sambil menunggu waktu ujian sesi ke dua dimulai dan untuk mengusir rasa tegang, kami melakukan foto bersama di photo booth yang telah disediakan. Tak lepas canda tawa kami lontarkan kepada sesama peserta, agar seluruh rasa tegang bisa lepas dari hati masing – masing peserta. “Ayoo teman – teman kami yakin kalian pasti bisa…Sejuta Semangat untuk kalian ayooo berjuang!!” teriak kami menyemangati mereka.

IMG-20150427-WA0004 IMG-20150427-WA0002
Akhirnya waktu untuk Writing Test sesi ke dua dimulai, sebelumnya kami melakukan doa bersama agar teman – teman yang ikut Writing Test dapat diberi kelancaran dan soal yang mudah untuk menjawab seluruh soal yang diberikan he he he… Setelah berdoa, wajah teman – teman terlihat lebih tenang dan kami pun mengantarkan semua peserta sampai di depan pintu ruang Mawar. “Every day may not be good but there is something good in every day”, bisik kami kepada seluruh peserta.

Writing Test selesai

Selepas Writing Test sesi ke dua dimulai, kami menemui para peserta yang sejak pagi tadi sudah berjuang menghadapi Writing Test sesi pertama. Tampak wajah – wajah lega menghiasi wajah mereka, walau tetap saja mereka tidak dapat menyembunyikan perasaan tegang dan deg – degan menghadapi hasilnya nanti. Oh iya, pengumuman hasil Writing Test akan dilakukan hari ini juga pada pukul 17.00 WIB. Jangankan para peserta yang mengikuti Writing Test, kami yang mengantar pun ikut deg – degan menunggu hasilnya, karena kabarnya akan ada 4 peserta yang gugur alias tidak diperbolehkan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tahap Presentasi.

Kami pun sempat mengabadikan suasana detik – detik dimulainya Writing Test di ruang ujian, yaitu ruang Mawar. Tampak terlihat hening di dalam. Selain itu, terasa sekali para peserta yang masih tegang sebelum menghadapi Writing Test.

IMG-20150427-WA0005
Tak terasa lebih kurang 2 jam Writing Test sesi ke dua telah selesai. Sama seperti peserta sesi pertama, pada wajah para peserta Writing Test sesi kedua juga menampakkan ketegangan yang sama, karena khusus untuk kategori Quality Assurance juga akan ada 4 peserta yang gugur. Kami pun mencoba menghibur para peserta yang telah melakukan Writing Test.

“Hanya sayalah yang mampu mengubah hidup saya. Tidak seorang pun mampu melakukannya untuk saya.” terdengar ucapan salah satu peserta yang saling memberi semangat.
“Hanya jika ada semangat, maka hal – hal sulit akan terasa lebih mudah.”, balas peserta lainnya.

Tenanglah teman – teman, setiap usaha yang kalian lakukan pasti akan ada hasilnya dan tidak pernah ada kata gagal jika kalian mau berusaha. Karena ada kata bijak yang mengatakan:

“Setiap langkah yang kita jejaki adalah merupakan suatu kemenangan namun untuk mengukuhkannya sebagai piala tetap dibutuhkan tekad dan pilihan yang tepat.”

Selepas Writing Test, kami semua berkumpul untuk berbicang – bincang mengenai soal apa saja yang di kerjakan. Ada peserta yang mengatakan soalnya sangat jauh berbeda dengan soal – soal try out yang di kerjakan minggu lalu. Namun ada peserta yang mengatakan soal – soal yang tadi dikerjakan, tidak jauh berbeda dengan soal – soal try out minggu lalu.

Setelah para peserta dirasa sedikit lebih tenang, kami pun bergegas kembali ke kantor. Ingat lah teman – teman bahwa:
“Kemenangan kita yang terbesar bukan karena tidak pernah gagal. Namun kemenangan karena kita bangkit setiap kita gagal.”