Employee Engagement ala BNI Life Insurance

BNI Life InsuranceBNI Life Insurance menyampaikan presentasi tentang program unggulan perusahaan untuk Employee Engagement dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2016 kategori korporat. Memiliki visi “To Become the Leading Life Insurance Company in the Country.”, BNI Life Insurance memaparkan mulai dari profil, latar belakang, kreativitas, hingga hasil yang mereka capai.

Contact center yang digunakan oleh BNI Life Insurance sejak tahun 2012 antara lain contact center number 1-500-045, helpline 021-295307676, email care@bni-life.co.id, walk in center di landmark dan KS. Tubun, serta outbound call. Kunci pelayanan mereka untuk tahun 2016 ini adalah untuk meningkatkan pelayanan sebagai tujuan utama untuk mempertahankan pelanggan yang akan memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Latar belakang employee engagement yang dilakukan oleh BNI Life Insurance antara lain adalah visi dan misi perusahaan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan pendidikan. Hambatan yang dihadapi antara lain adalah pendidikan dan pengalaman kerja. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah daya saing perusahaan, pendapatan premi dan keuntungan, dan kepuasan karyawan.

Survei indeks kepuasan karyawan BNI Life 2014 yang dilakukan oleh HayGroup menggunakan Employee Effectiveness Framework yang merupakan kombinasi dari Employee Engagement dan Employee Enablement. Hasilnya 57% baik, 31% netral, dan 12% tidak baik.

Beberapa kreativitas disusun untuk mengembangkan employee engagement yang dilakukan baik dari sisi program perusahaan maupun program dari Customer Care. Kreativitas dari program perusahaan antara lain program The Best Employee, Successor Program, Scholarship Program, Professional Certification, Student Exchange, Company Outing, Bikers Community, Sport Community, Music Community, Relaxation, dan Photography. Sedangkan kreativitas dari program Customer Care meliputi Benchmark Program, Outing, Birthday Party, Thematic Event, Internal Gathering, dan Motivation.

Implementasinya antara lain dengan memberikan penghargaan The Best Employee seperti Employee of the Quarter dan Employee of the Year. Menjalankan program beasiswa, mengadakan kegiatan-kegiatan seperti makan bersama, perayaan ulang tahun, serta motivasi.

Hasil nyata yang diperoleh dari berjalannya program-program tersebut salah satunya adalah perolehan beberapa penghargaan baik yang diraih secara individu maupun tim atau perusahaan. Hasil lain dilihat dari Key Performance Indicator yang terdiri dari Customer Satisfaction (NPS), Service Level, Handling Time, Retention Program, dan Response Time yang melampaui target perusahaan. (MZ)