Do or Die (Part I)

AHM 1 Agustus – “August please be nice”, mungkin tidak hanya menjadi trending topic atau meme yang paling sering diunggah di hari ini, tapi juga menjadi pengharapan nyata dari setiap peserta ajang The Best Contact Center Indonesia 2016 di hari ini sampai dengan 4 Agustus mendatang. Setelah presentasi kategori korporat yang telah selesai pada 26-29 Juli silam, kini saatnya individu masuk ring kompetisi. Berharap hasil terbaik dari smua usaha yang sudah dilakukan dalam berbulan – bulan bahkan mungkin sejak tahun lalu dilakukan untuk ditampilkan di depan para juri. Wajah tegang dan pasrah, yel yel penyemangat dari tim yang ikut serta sampai dengan teriakan lega peserta yang sudah selesai presentasi dapat terlihat dan terdengar di seluruh penjuru lantai 7. Meskipun kampus Kalbis sendiri sedang libur, namun excitement dan keriaan para peserta mengisi gedung Kalbis sehingga tidak berasa sepi, bahkan di setiap pojok lantai ada saja peserta yang menemukan tempat nyamannya tersendiri untuk sejenak mengasingkan diri sembari latihan, dan pada akhirnya ruangan pada artikel ini adalah saksi dari hasil usaha peserta.

Para insan Contact Center dari berbagai perusahaan dari ukuran seat small, medium, sampai dengan large dari berbagai kategori dan perusahaan ikut berpartisipasi dalam The Best Contact Center Indonesia 2016 ini. Para presenter yang tampil pada 1-4 Agustus 2016 ini adalah para peserta telah lolos dari tes tulis yang diadakan pada 31 Mei silam di tempat yang sama. Hasil penilaian presentasi hari ini menjadi salah satu penentu utama pemenang The Best Contact Center Indonesia 2016, sehingga tidak heran apabila para peserta berlomba-lomba memberikan penampilan terbaiknya.

Tidak hanya Bentuk slide presentasi dan penampilan yang atraktif saja yang menentukan penilaian para juri, namun konten atau ide kreatifitas yang segar dan mudah diaplikasikan juga menjadi tantangan tersendiri bagi peserta untuk dapat mengesankan para juri yang terdiri dari para akademisi dan juga praktisi contact center.

Perbedaan pada Ajang The Best Contact Center Indonesia 2016 ini adalah kelas kategori peserta yang terbagi dua yaitu kategori The Best of The Best (TBT) bagi para peserta yang telah mengikuti ajang ini dan menang pada tahun-tahun sebelumnya, dan bagi peserta newbie masuk ke kategori reguler. Namun perbedaan kelas ini tidak menyurutkan semangat dan daya juang para peserta. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa juri di ruang 1 dan 3 hari ini, bahwa untuk penampilan para peserta baik reguler maupun TBT semua memberikan penampilan yang patut diacungkan dua jempol, sehingga dapat dikatakan bahwa seluruh peserta pada hari pertama ini telah memberikan usaha terbaiknya, dan pastinya hasil dari presentasi hari ini dapat dishare ke rekan tim yang akan maju besok sampai 4 Agustus yang akan datang. Tidak lupa apresiasi yang setingi-tingginya bagi para panitia yang secara sigap dan cekatan sehingga acara hari ini berjalan lancar, dan tepat waktu.

Kategori yang tampil pada hari ini adalah Trainer, IT Support, Desk Control, Quality Assurance, dan agent Social Media baik untuk kelas TBT maupun reguler. Para peserta kategori hari ini dapat bernapas lega, karena telah menyelesaikan rangkaian tahapan untuk individu, dan pastinya masih terus berdoa untuk menjadi penerima award di panggung Gala Dinner The Best Contact Center Indonesia 2016 yang akan diadakan pada 26 Agustus 2016 mendatang.

Tegang? excited? atau blank?
Bayangkan Anda di posisi presenter di ruang ini…

Apapun hasilnya, seperti salah satu quote dari peserta kategori Trainer perwakilan PT. Astra Honda Motor, Results never betrays effort, dapat menjadi peserta juga berhasil melewati 15-30 menit menegangkan di ruang penjurian sudah merupakan pencapaian luar biasa, karena para peserta telah berhasil mengalahkan ketakutannya sendiri dan juga usaha serta kerja keras tentunya akan berbuah manis pada akhirnya.

Akhir kata, selamat berjuang para pejuang The Best Contact Center Indonesia 2016! Sampai berjumpa di liputan AHM dari Kalbis hari kedua.-YDU

Salam Satu HATI!