Dibalik Layar The Best Contact Center Indonesia 2017

“Masa depan tidak terletak pada pekerjaan, tetapi pada orang yang mengerjakan” – Goerge Crane –

Menjadi Garda terdepan sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah, ini adalah tanggung jawab berat untuk menjaga citra sebuah perusahaan. Tapi terkadang profesi ini hanya dipandang sebelah mata saja. Profesi Contact Center mungkin bukanlah profesi impian untuk sebagian orang, bahkan bagi sebagian orang ini adalah profesi yang tidak mempunyai masa depan. Tapi hari ini kami berada di ajang bergengsi The Best Contact Center Indonesia 2017, yang membuktikan bahwa sebagai contact center kami juga mampu bersaing dengan profesi lainnya.

Dihari ketiga The Best Contact Center Indonesia ada 5 kategori yang dilombakan yaitu, Agent Reguler, Agent English, Agent Reguler Publik, Back Office, dan Best of The Best Agent. Setelah melakukan persiapan dengan latihan dan terus latihan semua peserta mau tidak mau, siap tidak siap harus tampil dihadapan juri pada jadwal yang telah ditentukan. Untuk menunjang penampilan di depan dewan juri tentu harus ada hal-hal yang dilakukan, salah satunya merias wajah atau yang biasa disebut dengan make up.

Ada pepatah mengatakan dibalik pria sukses ada wanita yang hebat, dan dibalik wanita yang sukses ada penata rias yang berhasil membuat alis yang paripurna. Dibalik peserta wanita yang tampil cantik, pasti ada yang berperan penting “menyulap” wajah mereka, dan tampilan yang cantik bisa menambah rasa percaya diri saat presentasi dihadapan dewan juri.

Basmawati sedang merias peserta dari Bank Mandiri

Setiap perusahaan pasti menyiapkan keperluan peserta begitu juga dengan Bank Mandiri yang sudah menyiapkan tim make up khusus untuk para peserta wanita yang terdiri dari 4 orang. Basmawati salah satu tim penata rias dari Bank Mandiri menceritakan pengalaman make upnya. Untuk merias peserta rata-rata waktu yang dibutuhkan selama 1,5jam perorang. Menurutnya make up itu sangat penting untuk menunjang penampilan, membuat wajah terlihat segar, dan tentunya menumbuhkan percaya diri.

Hotmaulie Peserta dari Bank Mandiri bersama Penata Rias Fazriyani

Pihak lain yang tidak kalah penting adalah para panitia lomba yang bertanggung jawab penuh saat berlangsungnya lomba. Dari mulai panitia yang bertugas di meja registrasi, panitia di meja informasi, panitia yang bertugas di ruangan lomba, panitia di photo booth dan juga tugas-tugas penting lainnya.

Fitri Panitia dari TBCCI 2017

Disela waktu istirahatnya ada salah satu panitia lomba yang bertugas di ruangan yang kami ajak berbagi informasi. Fitria, salah satu panitia yang bertugas di ruang 2 mengatakan bahwa ini adalah tahun kedua ia bertugas sebagai panitia. Tugasnya adalah membantu peserta menyiapkan apa yang diperlukan untuk presentasi, mulai dari pengecekan slide apakah ada kendala atau tidak, clip on. Fitria berharap untuk tahun selanjutnya para peserta bisa lebih kreatif dan mengembangkan ide-ide baru untuk materi pesentasi.

Agent Reguler Publik yaitu dikhususkan untuk perusahaan yang memberikan layanan publik, seperti BUMN dan badan pemerintahan. Untuk saat ini perusaahaan yang mengikuti kategori Agent Reguler Publik ada 9 perusahaan yaitu Bank indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Perusahaan Gas Negara (pgn), Pertamina, Ditjen Bea Cukai, Adhya Tirta Batam, PUSINTEK-Kementrian Keuangan, Angkasa Pura II, dan PAM Lyonnaise Jaya.

Nur Indah H Peserta Agent English dari Bank Mandiri

Nur Indah Handayani salah satu perwakilan kategori Agent English dari Bank Mandiri mengaku sangat excited dengan acara TBCCI 2017 ini, dengan aksen khas jawanya dia menceritakan pengalamannya mulai dari tes internal di mandiri hingga berhasil lulus tes tulis ICCA.

“Aku sebelumnya belum pernah naik pesawat dan karna terpilih mengikuti lomba The Best Contact Center Indonesia 2017 akhirnya aku bisa naik pesawat dari jogja ke jakarta dan sebaliknya, awalnya aku ngerasa takut karna belum pernah naik pesawat sendiri tapi ini adalah kesempatan langka jadi aku memberanikan diri ke jakarta dan bisa sampai di tahap presentasi ini” aku gadis kelahiran jogjakarta ini. Dalam presentasinya dia menuturkan harapan terbesarnya adalah untuk menjadi Karyawan Tetap Bank Mandiri selain menjadi pemenang TBCCI 2017 tentunya.

Semua yang dilakukan dengan kesungguhan dan semangat pasti akan memberikan aura positif bagi diri sendiri maupun orang lain. Yuk mulai dari diri sendiri untuk memotivasi diri agar selalu menjadi lebih baik, terus belajar dan selalu menebarkan kebaikan dilingkungan kita.