Bumi perkemahan cibubur, di tempat ini ku Mandiri

Buperta History – By CC BDKI.

Barangkali jika rekan rekan berminat membaca artikel hari ke dua kegiatan jambore contact center yang diadakan di bumi perkemahan cibubur tidak akan mendapatkan informasi mendetail tentang kegiatan tersebut, karena artikel ini kami buat berfokus pada tempat atau lokasi kegiatan jambore contact center 2015 yang masih diadakan di bumi perkemahan cibubur jakarta timur.
Bumi perkemahan Cibubur bisa jadi tempat alternatif untuk membebaskan atau melarikan diri dari kepadatan dan kesibukan ibukota walaupun lokasinya sendiri masih berlokasi di ibukota. Tempat ini dipenuhi pepohonan lebat yang memproduksi udara segar, bagi rekan rekan yang ingin merasakan suasana taman raksasa tidak salahnya mampir ke bumi perkemahan ini.
Kawasan Bumi perkemahan yang luasnya 210 ha sebelumnya merupakan areal perkebunan karet. Areal tersebut cukup ideal untuk kegiatan di alam terbuka, letaknya sangat strategis dan berada di wilayah DKI Jakarta, tepatnya di pinggir tol Jagorawi km 13, pintu keluar tol Cibubur Jakarta Timur, hanya 8 km dari Terminal Kampung Rambutan dan dari TMII.
Topografi berkontur tinggi rendah, landai dan berbukit, ada hutan, jauh dari kebisingan dan polusi, udara sejuk dan segar, lingkungan yang hijau dan alami, panorama yang indah dan jauh dari gangguan binatang buas serta dekat dengan sumber air ( danau) yang cukup luas, pada tahun 1973 menjadi tempat penyelenggaraan Jambore Nasional pertama bagi Pramuka Penggalang se Indonesia.
Bumi perkemahan sangat memadai untuk digunakan sebagai tempat pertemuan pramuka, pemuda, instansi pemerintah dan swasta baik lokal, nasional bahkan internasional dilaksanakan dialam terbuka dengan menggunakan tenda-tenda maupun gedung/Aula.
Bumi perkemahan kini menjadi tempat kegiatan terpadu, lengkap, berkwalitas yang berwawasan iptek sesuai dengan Kepres RI No. 25/1997, Bumi perkemahan Pramuka menjadi : Pusat kegiatan pramuka terlengkap, terpadu dan tanggap terhadap kebutuhan kepramukaan sesuai dengan perubahan yang terjadi di masyarakat; Pusat kegiatan pramuka dan pusat pelatihan aplikasi kepramukaan di alam terbuka; Area publik yang berfungsi sebagai tempat pendidikan, taman rekreasi yang alami, ekowisata, agroindustri terbatas, hiburan, pertemuan, dengan konsep ruang terbuka sehingga tetap berfungsi sebagai ruang hijau, asri, kawasan Konservasi Air dan ruang terbuka Hijau (catchment area) bagi daerah Jakarta dan Jawa Barat.
Buperta tak berdiri sendiri, mereka di bawah naungan Kwarnas dan bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat sampai TNI Angkatan Udara. Dari semua itu bertujuan untuk mendukung kegiatan Buperta. Di dalam wilayah bumi perkemahan ini juga terdapat lapangan terbang untuk olahraga kedirgantaraan yang memiliki landasan pacu dengan panjang sekitar 1.000 m.
Dari situs resmi Buperta, Kamis (21/5/2013) lahan Buperta terbagi atas beberapa bagian yaitu areal perkemahan di hamparan rumput yang bebas seluas 80 Ha. Di area tersebut masih terbagi 2 bagian yaitu Kemah Putra (Kempa) dan Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung hingga 20.000 orang.
Fasilitas lain yang ditawarkan berupa lapangan utama, aula serbaguna, cafetaria, kolam renang, hutan wisata, danau, sarana peribadatan 5 agama dan toilet. Buperta menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana bermacam-macam, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan.
Sewa lokasi untuk berkemah juga sangat terjangkau. Jangan khawatir jika Anda tak bawa perlengkapan kemah sendiri, Buperta menyediakan tenda berbagai ukuran dengan harga yang masih terjangkau pula.
Ada persyaratan jika Anda ingin berkemah di sana. Pengunjung tidak boleh membawa tenda milik sendiri lebih dari 2, karena Anda tetap dikenakan pajak sebesar 20% dari harga sewa tenda yang sudah disediakan. Jika Anda tidak ingin berkemah, di sana juga tersedia penginapan berupa wisma yang nyaman.
Praja Muda Karana
Bicara bumi perkemahan cibubur tidak lengkap jika tidak menyertakan Pramuka, karena bumi perkemahan cibubur bisa disebut markas besar nya pramuka di Indonesia. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang memiliki arti “Orang Muda yang suka Berkarya” Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.
Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.
Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926. Pendirian gerakan ini pada tanggal 14 Agustus 1961 sedikit-banyak diilhami oleh Komsomol di Uni Soviet.
Organisasi Kepanduan Indonesia di seputaran tahun 1920-an.
Pada tanggal 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Berdasarkan UU ini, maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka:
Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani; Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna,
yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan.

Semangat Pramuka = Semangat Jambore Contact Center 2015

Kenapa semangat Pramuka sama dengan semangat Jambore Contact center 2015? Dikarenakan para peserta yang terdiri dari petugas Contact center dari berbagai level yang biasanya hanya berkutat melayani pelanggan di dalam ruangan kantor ber ac yang sejuk ekstra nyaman harus merelakan waktunya sejenak untuk terjun langsung ke lapangan terbuka yang mana berbeda 180 derajat dengan aktivitas yang sehari hari biasa dilakukan di dunia kerja. Walaupun lapangan perkemahan di penuhi pohon yang berjejer rapih tidak menghalangi sinar matahari yang menembus tenda tenda para peserta sehingga pastinya bagi peserta yang baru pertama kali mengikuti kegiatan di alam bebas seperti ini butuh adaptasi lagi.
Namun akhirnya hari ke dua Jambore contact center telah berakhir dan yang menjadi pemenang Grand Champion Jambore The best Contact Center 2015 adalah dari Contact Center Kring Pajak, Selamat para peserta dari Kring Pajak, dan selamat juga bagi para peserta Jambore dari berbagai perusahaan contact center yang sudah memeriahkan dengan luar biasa kegiatan jambore ini.
Yah memang aktivitas Jambore ini adalah kegiatan terakhir TBCCI 2015 karena pada 4 Juni 2015 nanti akan dilengkapi kembali dengan penyebutan nama nama pemenang peserta individual dan juga korporat, semoga harapan kita untuk menjadi pemenang menjadi kenyataan, VIVA CONTACT CENTER