Begini Ramainya Lomba ICCA Hari Ini

Keramahan udara sejuk pagi hari ini di Jakarta, tidak membuat peserta lomba Contact  Center terlena. Terlihat puluhan peserta sudah berkumpul di Balai Kartini pagi ini untuk berbagai klasifikasi lomba hari ini. Dari papan informasi, terlihat ada 11 kategori dari 5 job desk yang diperlombakan pada hari ini. Seperti pada perlombaaan di hari – hari sebelumnya, lomba pada hari ini dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00.

 

IMG_20150505_075338Area Registrasi Lomba ICCA

Jenis pekerjaan yang diperlombakan pada hari ini antara lain Manager, Trainer, Quality Assurance, Team Leader In-Bound dan Supervisor. Dari jenis pekerjaan tersebut, ada beberapa kelas kompetisi yang dibagi atas ukuran Contact Center mulai dari < 30, 30 – 100, < 100 dan >100. Dibedankannya kelas ini disebabkan oleh perbedaan beban kerja. Untuk Contact Center yang berukuran kecil, tentunya permasalahan dan basis Pelanggan yang dihadapinya berbeda dengan yang Contact Center dengan kapasitas diatas 100 seat.

IMG_20150505_081908Meja Registrasi

Pelaksanaan lomba di tiga ruangan yang berbeda lantai, menyebabkan beberapa peserta mengalami kebingungan. Terlihat di pagi ini, panitia sibuk memanggil-manggil peserta yang sudah hadir agar segera menuju ruangan yang dipersiapkan untuk presentasi. Beruntung meja registrasi terpusat di satu lokasi, yaitu di lantai dasar tepat di samping pintu masuk utama. Peserta yang sudah melakukan registrasi, langsung menuju ruangan yang telah disiapkan yang berada di lantai dasar, lantai 1 dan lantai 2 Balai Kartini.

Napas tambahan peserta

Klub Sepakbola Chelsea baru saja menjadi juara liga paling kompetitif di dunia, Barclays English Premier League, hari Minggu kemarin. Dengan performa yang stabil, produktif dalam membuat gol dan rapat dengan barisan bertahan yang kuat, Chelsea selama kompetisi 2014/2015, tidak pernah terkalahkan di kandang sendiri, Stamford Bridge. Adanya dukungan suporter ini menambah kekuatan dan semangat juang dari pemain yang dilatih oleh Jose Mourinho ini. Hal yang serupa juga dinyatakan oleh Kapten Tim Chelsea, bahwa suporter menjadi “pemain ketigabelas” yang mendukung pemain inti di dalam arena pertandingan.

IMG_20150505_075830

Bersemangat Mengikuti Lomba

Hal yang sama pun terjadi di kompetisi ICCA pada hari ini. Belasan pendukung dikerahkan oleh Perusahaan Peserta perlombaan ini. Saya menemui salah satu diantaranya, dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Berdandan ala adat Bali, peserta dari PT. KAI ini dengan percaya diri memasuki arena perlombaan pada pukul 08.30. Rekan – rekan yang lain memberikan semangat dari luar ruangan perlombaan.

IMG_20150505_080523

Peserta dan suporter dari PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

Seperti layaknya suporter bola yang menggunakan atribut yang sama dengan jagoannya. Suporter yang datang ke lomba ICCA ini juga menggunakan atribut yang senada. Di depan Ruang Raflesia Balai Kartini, saya temui rombongan suporter dan peserta dari PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mereka membawa banyak balon-balon bernuansakan warna biru khas corporate color-nya.

IMG_20150505_081415

Pendukung PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk

Kostum yang bikin PeDe

Sedikit berbeda dengan para suporter, beberapa peserta yang saya temui juga memakai kostum – kostum yang menarik. Untuk meningkatkan rasa percaya diri dan tampil beda dibandingkan dengan peserta dari Perusahaan lain, mereka menggunakan kostum dengan design yang spesial.

Salah satu peserta yang saya temui, perwakilan dari DBS Bank, ia memakai kostum tokoh Disney yang terkenal, The Incredible. Dengan warna merah yang mencolok, ia cukup menyita perhatian peserta – peserta lain yang hadir pada perlombaan ini.

IMG_20150505_080831

The Incredible from DBS

Didukung oleh suporter yang meriah, tiga peserta dari PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk ini menggunakan kostum yang cukup mewakili citra perusahaan service transportasi udara kebanggaan Indonesia ini. Mereka menggunakan kostum Pilot, Pramugari dan Chef.

IMG_20150505_081254

Peserta dari PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Berbeda lagi dengan yang dipersiapkan salah satu peserta dari Bank BCA ini. Ia berusaha tampil “berbeda” dengan mempersiapkan materi presentasi yang berupa kue besar. Selain itu, ia pun tampak sangat mempersiapkan penampilannya dengan berulang kali berlatih materi presentasinya.

IMG_20150505_081829

Peserta dari Bank BCA

Mungkin apa yang terjadi di ruangan presentasi, jauh lebih seru lagi, namun sayang, saya tidak mendapatkan akses untuk bisa masuk ke ruangan perlombaan. Besok, saya akan mencoba peruntungan untuk mendapatkan akses di area presentasi dan melihat kehebohan yang terjadi di sana.

Selamat berlomba kawan !