Apresiasi Ibadah Untuk Pemenang

Salah satu apresiasi yang diberikan kepada pemenang The Best Contact Center Indonesia 2018 adalah Umrah. Hadiah diberikan untuk pemenang Platinum kategori Individu dan diikuti oleh 17 peserta dan keluarga. Kegiatan ini merupakan kali yang kedua setelah dilaksanakan untuk pemenang The Best Contact Center Indonesia 2017.

Kegiatan umrah ini dikemas secara khusus untuk rombongan ICCA dan dilaksanakan pada 3 – 11 November 2018. Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan Saudi Airlines dan rute Jeddah, Madinah, Mekkah dan kembali ke Jeddah. Sesuai dengan agenda penyelenggaran umrah, selama 9 hari program umrah diisi dengan 3 hari di Madinah, 5 hari di Mekkah dan sisanya adalah perjalanan.

Kali ini kegiatan diikuti oleh peserta dari Astra Honda Motor, KLIP Ditjen Pajak, Angkasa Pura 2, Ditjen Perbendaharaan, Bravo Bea Cukai, Bhinneka Life Indonesia, Bank Central Asia dan Telexindo. Beberapa peserta juga mengajak anggota keluarga menemani perjalanan ibadah ini. Walaupun pesertanya lebih sedikit, menurut Andi Anugrah selaku Ketua ICCA, panitia tetap berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan ini, dengan harapan ada kesempatan ibadah bagi praktisi contact center.

Selain kegiatan ibadah, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan tour di berbagai tempat bersejarah di sekitar Madinah. Kunjungan ke berbagai tempat disekitar masjid Nabawi Madinah seperti Mengunjungi Masjid Umamah (Masjid Siti Khodijah), mengunjungi Masjid Sahabat-sahabat Nabi, mengunjungi Museum Al Qurían dan mengunjungi makam Baqi.. Tak lupa peserta dibawa untuk mengunjungi Gunung Uhud, adalah sebuah gunung di utara Madinah dengan ketinggian sekitar 350 meter. Gunung ini adalah lokasi pertempuran kedua antara Muslim dan pasukan Mekah. Selanjutnya melihat kebun kurma dan bisa berbelanja berbagai jenis buah kurma yang tersedia di Madinah.

Selama 3 hari ibadah di Madinah, peserta menginap di Hotel Sahiliyah, yang lokasinya sekitar 50 meter ke Masjid Nabawi. Tak lupa mereka mengunjungi Makam Rasulullah Muhammad SAW.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan ke Mekkah. Perjalanan darat selama kurang lebih 6 jam membuat peserta menggunakan sebagai waktu yang baik untuk istirahat. Selama perjalanan peserta umrah riharapkan menjaga diri dan tetap menggunakan pakai ihram dengan baik. Malam hari peserta tiba di Mekkah dan menyempatkan istirahat sejenak sebelum melanjutkan ibadah umrah yaitu tawaf dan saíi serta tahallul.

Selesai ibadah umrah, saatnya istirahat dan memperbanyak ibadah di Masjidil Haram. Memperbanyak Tawaf serta baca Quran serta ibadah lainnya. Seperti halnya di Madinah, di Mekkah peserta juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi Jabal Rahmah, serta simulasi jika ingin pergi Haji Reguler dan tempat yang wajib dikunjungi. Peserta diperlihatkan lokasi Wukuf di Arafah sampai terbenam matahari, lalu ke lokasi Mina tempat menginap, sampai melewati ke lokasi-lokasi tempat lempar jumroh. Pada kegiatan ini, peserta juga menyempatkan mengunjungi penakaran hewan Unta. Selama di Mekkah, peserta menginap di Hotel Elaf Al Mashaer, yang lokasinya sekitar 200 meter ke Masjidil Haram. Hal ini memudahkan peserta untuk melakukan ibadah wajib dan sunnah di Masjidil Haram. Peserta juga sempat mengikuti Shalat Jumíat di Masjidil Haram. Pada malam hari beberapa jemaah pergi ke pasar Jakfariyah dan Kuliner makan Nasi kebuli di daerah Aziziyah (Restoran Hadroumaut).

Hari Sabtu, tanggal 10 Nov 2018, tiba saatnya untuk bergerak dan meninggalkan kota Mekkah untuk bersiap kembali ke tanah air. Peserta diajak untuk melaksanakan Tawaf Wada, setelah bada Dzuhur di Masjidil Haram. Perjalanan kembali ke tanah air, melalui Jeddah. Untuk
itu peserta masih mempunyai beberapa kesempatan untuk melihat beberapa tempat di Jeddah. Seperti mengunjungi Masjid Qishos, yang biasa dihalaman masjidnya digunakan utk hukuman pancung dan potong tangan. Tak lupa mengunjungi restoran Wong Solo di Jeddah untuk makan malam sambil menunggu waktu ke bandara.

Perjalanan ke Jakarta dari Jeddah berangkat pukul 00:15, dengan menggunakan Saudi Airlines nomor penerbangan SV 0814. Berharap semua perjalanan ibadah ini memberikan berkah bagi peserta dan keluarga serta menjadi momentum perbaikan dalam kehidupan. Sekaligus memberikan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik dalam bekerja. (AA)

Artikel “Benchmarking Singapore-Malaysia: Kebersamaan, Keceriaan dan Kegembiraan” merupakan liputan utama iCallCenter Edisi 11, 2018.

2 thoughts on “Apresiasi Ibadah Untuk Pemenang”

  1. Aw, this was a really nice post. Taking the time and actual effort to generate a really good article… but what can I say… I hesitate a lot and don’t manage to get anything done.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *