Amazing Edutainment

Amazing Edutainment

Program Employee Engagement yang diikuti oleh Bank Indonesia melalui contact center BICARA 131 mengusung sebuah program yaitu Amazing Edutainment dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2016 kategori
korporat. Program ini berhasil meraih penghargaan platinum.

Tujuan diadakannya program ini adalah untuk memberikan pengalaman yang menakjubkan, membuat teamwork semakin solid, dan meningkatkan kompetensi karyawan. Sedangkan yang melatarbelakangi program ini adalah penilaian yang kurang baik untuk teamwork dikarenakan perbedaan kultur perusahaan, adanya gesekan dan ketidakpercayaan.

Kreativitas disusun untuk mensukseskan program ini dan mensinergikan keseimbangan kehidupan kerja yang meliputi pengetahuan, keahlian, sikap, dan teamwork. Kreativitas disusun dalam dua macam kegiatan yaitu Fun Expo dan Fun GPS.

Fun Expo dilakukan dengan edukasi publik, sosialisasi contact center, dan branding perusahaan dan contact center. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kehormatan (duta layanan), menghancurkan mental block, mengurangi gesekan, dan meningkatkan keterlibatan.

Fun Expo ini dihadiri oleh staf contact center, divisi yang berbeda, dan departemen yang berbeda. Kegiatan expo meliputi central bank, BI checking, kampanye rupiah, e-money, komplain stakeholder, dan contact center. Kegiatan expo ini telah diadakan di beberapa kota di Indonesia. Kampanye rupiah dan e-money diadakan di Jakarta, serta expo syariah di Surabaya.

Fun GPS merupakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, memotivasi, dan menyeimbangkan kehidupan kerja. GPS di sini merupakan kependekan dari games and learning, praying, dan sharing and sport.

Games yang dirancang salah satunya adalah dart to win dengan partisipan top three agent yang diadakan secara bulanan dan peserta yang menang mendapatkan hadiah kecil seperti cokelat, permintaan off, makan siang gratis, dan lainnya. Games kedua adalah coloring yang dapat diikuti oleh seluruh agent yang diadakan triwulan dengan kegiatan mewarnai satu gambar selama satu jam. Games ketiga adalah wheel to be a super agent dengan partisipan bottom three agent yang diadakan secara bulanan, peserta mendapatkan coaching, menjadi gym instructor, presentasi, dan lainnya.

Learning dilakukan dengan service excellence yang diikuti oleh seluruh staf contact center dengan tujuan team bounding oriented. Praying dilakukan dengan kegiatan Qur’an tafsir yang diikuti oleh seluruh agent Muslim yang dilakukan secara harian, mingguan, dan bulanan dengan shalat dhuha dan pembacaan bergantian setiap 15 menit.

Kegiatan sharing diikuti oleh seluruh staf contact center setiap hari untuk berbagi satu informasi setiap hari. Sedangkan sharing yang dilakukan secara bulanan adalah sharing Key Perfomance Indicator (KPI) dan brainstorming.

Sports diikuti oleh seluruh staf contact center yang dilakukan secara mingguan meliputi aerobik yang dijadwalkan setiap hari selasa, futsal yang dijadwalkan setiap hari Jumat sore, dan gym yang dijadwalkan setiap
hari Jumat pagi.

Hasil nyata dari program ini adalah peningkatan teamwork scoring, agent performance, dan pencapaian Key Performance Indicator yang melampaui target. KPI ini meliputi Attendance, Quality Monitoring Score, dan Customer Satisfaction Index. (MZ)