Akhir yang belum berakhir TBCCI 2016

Akhir yang belum berakhir TBCCI 2016

 

Bank Mandiri, 10 Agustus 2016. Hari terakhir kompetisi TBCCI 2016 diisi dengan kompetisi kategori Reporting & Scheduling Team.  Pada TBCCI 2016 kali ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun ini tidak ada lagi acara Jambore. Sebagai pengganti Jambore maka panitia mengadakan kompetisi yang lebih mengarah ke dunia contact center, yaitu kompetisi kategori QA, Smart Team, Reporting dan Scheduling Team dimana kompetisi berkaitan erat dengan dunia contact center . Seperti hari sebelumnya, perwakilan perusahaan terdiri dari peserta teamwork yang diwakili oleh 3 orang peserta. Kenapa harus 3 orang? Karena dalam perlombaan ini yang diutamakan partisipasi team untuk saling kerjasama dan tidak individualis.

Pers Conference yang dilakukan oleh Bapak Andi.
Pers Conference yang dilakukan oleh Bapak Andi.

Sebelum acara dimulai, seperti biasa Bapak Andi sebagai Ketua ICCA memimpin briefing dengan para panitia dan para peserta untuk kategori Reporting Team. Acara briefing dimulai pukul 08:45 WIB untuk menjelaskan ketentuan dan cara penilaian kategori Reporting Team hari ini. Peserta juga diminta untuk mengambil nomor urut secara acak dan menempati meja yang telah disediakan panitia. Durasi yang diberikan panitia kurang lebih selama 3 jam. Sementara acara  perlombaan kategori ReportingTeam berlangsung, Bapak Andi menggelar acara Pers Conference dengan para Team Multimedia dan Team Writing. Dalam Pers Conference yang diadakan, Bapak Andi menjelaskan beberapa hal terkait jalannya penilaian dan ketentuan kompetisi kategori Talent Writing Contest dan Multimedia. Beliau juga menjelaskan alasan pemilihan tempat acara yang jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain itu Bapak Andi juga menerima kritik, dan saran dari para peserta supaya di tahun berikutnya ajang kompetisi TBCCI bisa berjalan lebih baik lagi.

Perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk untuk kategori Reporting Team.
Perwakilan dari PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk untuk kategori Reporting Team.

Setelah selesai acara kategori Reporting Team, kami bertemu dengan salah satu peserta dari perwakilan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yaitu Mba Martha, Mba Debby, dan Mas Zamzam yang menceritakan seputar pertanyaan yang harus dijawab oleh para peserta. “Jadi, kita diberikan data di dalam Ms.Excel yang isinya kurang lebih ada data nilai agent, daftar hadir agent dari notebook yang sudah disiapkan panitia. Kemudian kita diberikan dua pertanyaan, yang pertama mencari 10 agent dengan nilai yang tertinggi dari data Ms. Excel itu, yang kedua mencari minimal 20 data yang berkaitan dengan dunia contact center untuk membuat laporannya seperti, CRM, CMS, CDS, AUX, Available, dan lain-lain,” ungkap mereka bertiga. “Alhamdulillah diberikan waktu selama kurang lebih 3 jam dari panitia tapi kita dapat menyelesaikan pertanyaan tadi kurang lebih 1,5 jam saja dan untuk hasilnya kita berdoa yuk semoga mendapatkan hasil yang terbaik hehehehe,” ungkap Mba Martha mengakhiri perbincangan kami.

Bapak Melvin dari teleopti sedang melakukan Quiz dengan para peserta.
Bapak Melvin dari teleopti sedang melakukan Quiz dengan para peserta.

Ada hal yang menarik ketika kompetisi kategori ReportingTeam sedang berlangsung dan mendekati waktu jam makan siang. Di dekat pintu keluar sudah duduk Bapak Melvin dari Teleopti yang menyediakan semacam Quiz, yaitu teka-teki terkait Scheduling. Pertanyaannya adalah menentukan jadwal istirahat agent atau karyawan dari Ms. Excel yang telah disediakan, dimana peserta yang bisa menjawab pertanyaan tersebut akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,- dan Rp. 500.000,-. Seru sekali yaa… ?

Setelah melewati waktu jam makan siang, acara kembali dilanjutkan dengan perlombaan kategori Scheduling Team. Untuk ketentuan dan penilaian perlombaan untuk kategori Scheduling Team sama seperti kategori Reporting Team. Durasi yang diberikan pun sama kurang lebih 3 jam. Dalam kategori Scheduling Team perwakilan peserta dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk diikuti oleh Mas Jendri, Mas Oldi, dan Mas Dian. Mereka bangga bisa mewakili perusahaan dan diberi kesempatan untuk mempersembahkan yang terbaik.

Bapak Andi beserta panitia yang bekerja keras untuk TBCCI 2016
Bapak Andi beserta panitia yang bekerja keras untuk TBCCI 2016

Tidak terasa waktu sudah mulai petang, acara TBCCI 2016 hari ini telah selesai dengan diumumkan pemenang untuk kategori ReportingTeam adalah Bank DBS sebagai juara pertama, Telkom 1 sebagai juara kedua dan AHM sebagai juara ketiga, sedangkan pemenang untuk kategori Scheduling Team adalah PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. sebagai juara pertama, Klip Pajak sebagai juara kedua dan AHM sebagai juara ketiga. Selamat bagi para pemenang!

Walaupun kompetisi TBCCI 2016 hari ini telah berakhir, tapi tidak untuk Team Multimedia dan Team Writing yang masih melanjutkan kompetisi sampai tanggal 21 Agustus 2016. Ini adalah akhir yang belum berakhir bagi kami, para Reporter. Dan yang pasti belum berakhir juga bagi para panitia yang masih harus bekerja keras menentukan para pemenang dari keseluruhan kompetisi, mulai dari kategori Coorporate, individu sampai Talent Writing Contest serta Multimedia. Bahkan mereka masih harus memilih satu persatu dari keseluruhan ajang kompetisi ini untuk dapat mempersembahkan ajang kompetisi yang lebih baik lagi untuk kedepannya. Selain dari sisi panitia, peserta pun, khususnya peserta individu masih harap-harap cemas sampai dengan hari pengumuman di malam Gala Dinner yang diadakan pada tanggal 26 Agustus 2016 nanti. Hari ini kompetisi yang menguras tenaga baik dari sisi mental dan fisik telah berakhir, tapi ini adalah akhir yang belum berakhir atau mungkin tak pernah berakhir? Sampai jumpa di malam penentuan, sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat, prajurit Contact Center!